Tanaman Obat Tempuyung

Adakah diantara kalian yang tahu tanaman ini atau pernah melihatnya? Tanaman obat tempuyung biasnaya ditemukan tumbuh liar ditempat yang terbuka ata sedikit terlindung, seperti di tepi saluran air, dipinggir jalan, ditebing-tebing atau ditempat yang tidak terurus. Akan tetapi sekarang, banyak orang yang sengaja menanamnya karena berkhasiat obat. Jika diamati, tanaman obat tempuyung ini ada dua jenis, yaitu yang berukuran kecil dan yang berukuran besar. Daunnya berbentuk lonjong atau lanset dengan ujung runcing berwarna hijau muda. Tepi daunna menyirip, tetapi tidak beraturan. Panjang daunnta antara 6-48 cm dan lebarnya 3-12 cm. Bunga tempuyung meruapakan bunga majemuk berbentuk bonggol yang bertangkai panjang. Ukuran bunganya kecil, berwarna kuning cerah yang lama kelamaan menjadi merah kecokelatan. Untuk memperbanyak tanaman, ini dapat dilakukan dengan menyebarkan bijinya.

Tanaman obat tempuyung dikenal orang karena khasiatnya sebagai peluruh batu ginjal. Namun demikian banyak penyakit lain yang dapat diobati dengan tanaman ini diantaranya bisul, darah tinggi dan radang payudara. Untuk mengobati bisul, ambillah daun tempuyung secukupnya, dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Air perasannya digunakan untuk mengompres bisul. Untuk mengobati batu ginjal dapat digunakan daun tempuyung segar ataupun yang sudah dikeringkan, Jika akan menggunakan daun tempuyung segar, ambillah 5 lembar daun tempuyung. Cucilah daun tersebut dapat dimakan nasi sampai habis sebagai lalapan bersama nasi.

Jika akan digunakan daun tempuyung yang dikeringkan. Sediakan  500 mg daun tempuyung kering, lalu seduh dengan satu gelas air panas seperti membuat air teh. Minumlah air seduhan tersebut sebagai obat 3 kali sehari sampai batu ginjal hilang. Untuk mengatasi radang payudara, ambillah tumbuhan tempuyung segar sebanyak 15 gram, lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Jika telah dingin, saringlah dan diminum sampai habis. Minumlah 2-3 kali sehari. Untuk mengatasi darah tinggi dan kolesterol tinggi, siapkan daun tempuyung segar sebanyak 5 lembar, lalu diasapkan sebentar. Makanlah sebagai lalapan dan lakukan 3 kali sehari.

Untuk mengatasi batu kandung kemih atau batu kandung kencing dapat melakukan dengan ramuan tanaman obat tempuyung:
Bahan: daun tempuyung segar sebanayk 5 lembar

Cara meramu resep : setelah dicuci hingga bersih, asapakan daun tempuyung sebentar, daun tempuyung siap untuk digunakan.

Aturan pakai : makan daun tempuyung yang telah diasapi tersebut sebagai lalap bersama makan nasi. Lakukan 3 kali sehari.

Ramuan 2:
Bahan : meniran segar 30 g, daun sendok segar 30 g, daun tempuyung segar 30 g

Cara meramu resep adalah : cuci semua bahan hingga bersih, lalu direbus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan, dan bagi menjadi 2 bagian.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Tempuyung Membantu Melancarkan Buang Air Kecil Dan Membantu Meluruhkan Batu Ginjal / Batu Urin Di Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Khasiat Daun Tempuyung, Tempuyung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>